gravatar

Iwan Fals Ingin Tularkan Kepedulian Lingkungan



[BOGOR] Penyanyi beraliran balada dan Country Iwan Fals dikenal sangat peduli dengan lingkungan. Ia kerap mengajak masyarakat untuk melakukan sumbangsihnya demi melestarikan kehidupan. Hal itu bisa dilakukan dengan menanam pohon, karena pohon adalah kehidupan.

Hal tersebut diungkapkan pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto (49) di sela-sela kegiatan penanaman 37.500 pohon trembesi di Pondok Pesantren Darul Uluu,. Lido, Bogor, Jawa Barat (Jabar), baru-baru ini. Pada ajang yang merupakan bagian dari program Djarum Trees For Life ini, Iwan mendampingi Menteri Kehutanan Dzulkifli Hasan bersama ribuan santri menanam sekitar 11.500 pohon trembesi.

Program Djarum Trees For Life ini total telah menanam sebanyak 69.000 pohon di kawasan Jabar. ‘’Saya ingin menularkan semangat peduli lingkungan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan merawat pertumbuhan pohon di lingkungannya. Satu pohon trembesi mampu menyerap CO2 sebanyak 28,5 ton per tahun. Dengan jumlah penduduk kita yang terbesar kedua di dunia, bayangkan dampaknya kalau setiap orang setidaknya menanam satu pohon trembesi. Pasti akan luar biasa,’’ jelas Iwan

Pohon trembesi memiliki kemampuan menakjubkan untuk menyerap karbondioksida (C02). Dari hasil penelitian Dosen Fakultas Kehutanan IPB, Endes N Dahlan terbukti kalau pohon trembesi merupakan suatu terobosan untuk mengatasi pemanasan global. Alasannya, selain berfungsi sebagai tanaman peneduh, tanaman ini juga memiliki fungsi menyerap gas C02 yang tinggi.

Berdasarkan penelitiannya diketahui, satu batang pohon trembesi dewasa dengan diameter tajuk 25 – 30 meter mampu menyerap gas C02 sebanyak 28,5 ton per tahun. Penanaman pohon jenis ini secara luas dapat menurunkan konsentrasi gas C02 dengan efektif dalam waktu yang lebih singkat.

Untuk membuktikan hal itu, Endes telah meriset 43 pohon yang umum dimanfaatkan sebagai tanaman penghijauan. Hasilnya, pohon ki hujan atau trembesi terbukti paling banyak menyerap C02 dan memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat. [L-9]


Sumber : http://www.suarapembaruan.com/home/iwan-fals-ingin-tularkan-kepedulian-lingkungan/3072

Tulis komentar...

Sponsor

Banner





blog-indonesia.com

smadav antivirus indonesia

Statistik Pengunjung



free counters